5 Cara Supaya Kamu Tidak Ngantuk di Kelas

  • Whatsapp
5 Cara Supaya Kamu Tidak Ngantuk di Kelas
5 Cara Supaya Kamu Tidak Ngantuk di Kelas

Saat dosen atau guru lagi serius-seriusnya ngajar di kelas, tiba-tiba matamu kerasa berat banget buat melek. Apalagi ditambah sama hawa kelas yang dingin, makin ngebuat kamu nyaman sama suasana kelas. Perlahan menguap, hingga pada akhirnya tertidur pulas. Hayo, siapa yang sering banget tidur di kelas pas lagi pelajaran?

Emang nggak bisa dipungkiri ya guys, kalo kamu sering banget terserang rasa ngantuk pas lagi pelajaran. Hal itu tentunya nggak nyaman banget, karena bisa ngerugiin kamu banget.

Ya gimana enggak, pas kamu lagi tidur di kelas, kamu nggak akan bisa paham sama materi apa yang sudah dijelasin dosen ataupun guru kamu. Belum lagi pas kamu ketahuan tidur di kelas, bisa-bisa malah dapet hukuman atau sanksi yang bikin kamu tambah rugi tentunya.

Cara Supaya Kamu Tidak Ngantuk di Kelas

Nah, supaya kamu bisa tetep ngikutin kelas tanpa dihantui rasa ngantuk, penulis punya beberapa tips buat bantu kamu nih, jangan lupa dibaca dan diterapin ya!

1. Membasuh wajah

Membasuh wajah dengan menggunakan air bersih bisa ngebuat kamu jadi ngerasa seger lagi. Yang tadinya mata terasa berat dan tubuh udah lesu banget, bakalan balik seger lagi karena udah kena air.

Kamu bisa minta izin sama dosen atau guru kamu buat ke toilet, jadi bisa basuh muka disana.

2. Duduk secara tegap

Ruangan yang dingin dan kursi yang empuk lengkap sama sandarannya pasti makin ngebuat kamu nyaman buat tidur. Supaya kamu tetap fokus, posisi duduk tegap tanpa bersandar di kursi sangat disarankan.

Hal ini bisa ngebantu napasmu berjalan dengan lancar dan membantu tubuhmu buat bisa lebih segar lagi, sehingga nggak akan ada lagi deh ngantuk-ngantuknya.

3. Minta teman buat nyubit

Rasanya emang terdengar agak aneh, tapi cubitan ini emang bener-bener bisa ngebuat kamu yang tadinya ngantuk jadi melek lagi loh, nggak percaya? Hal ini bisa terjadi karena pas kamu dicubit bakalan mengaktifkan syaraf yang membawa pesan ke otak. Nah, secara nggak sadar hal tersebut mampu membuat kamu bisa terjaga kembali. Tapi memang efek yang diberikan dari cubitan ini nggak terlalu lama ya guys. Meski gitu, usaha ini emang berhasil bikin kamu melek lagi.

4. Makan permen karet

Makan permen ini tergantung kebijakan dari dosen ataupun guru kamu ya guys. Kalo emang boleh, kamu bisa makan permen buat ganjel ngantuk, apalagi kalo kamu makan permen karet. 

Dengan makan permen, otomatis gigi kamu akan terus ngunyah, otot-otot rahang kemudian bakal menstimulasi bagian tertentu yang ada di otak yang bisa bikin kamu nggak ngantuk lagi. 

5. Pijatan buat pelipis dan tangan 

 Pijatan yang biasanya akan membuat nyaman kamu, kali ini bukan cuma nyaman saja yang didapet, tapi juga bisa mengusir rasa kantuk. Caranya pijat bagian pelipis mata kamu searah sama alis mata, pijatnya hati-hati ya guys, jangan cepet-cepet.

Selain pelipis mata, kamu juga bisa pijat tangan kamu, yakni bagian antara ibu jari sama jari telunjuk. Nggak cuma buat ngilangin rasa ngantuk, tapi pijatan di bagian ini bisa juga buat ningkatin stamina kamu.

Akhir Kata

Itu tadi guys 5 cara atau tips sederhana yang bisa kamu lakuin pas lagi terserang rasa ngantuk di kelas. Jangan sampe niat yang awalnya cari ilmu jadi nggak kesampaian cuma gara-gara kamu ketiduran di kelas ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *