Akhirnya KRI Nanggala 402 Berhasil Ditemukan

  • Whatsapp
Akhirnya KRI Nanggala 402 Berhasil Ditemukan
Akhirnya KRI Nanggala 402 Berhasil Ditemukan

Setelah dinyatakan hilang kontak, akhirnya KRI Nanggala 402 berhasil ditemukan. Hal ini berdasarkan pengumuman dari konferensi pers yang digelar oleh TNI. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan bahwa kapal selam ini ditemukan di kedalaman 838 meter di bawah permukaan laut. Kapal selam KRI Nanggala 402 ini awalnya diketahui pada kedalaman 800 meter oleh KRI Rigel.

Namun, karena hanya mampu mengukur sampai batas tersebut, maka pengukuran pun dilakukan oleh NF Swift Rescue dari Singapura. Hingga pada akhirnya kontak bawah air tersebut diidentifikasi pada pukul 07.37 WITA. Sampai pada pukul 09.04 WITA didapatkan kontak visual pada posisi 074856,07 derajat 48 menit 56 detik selatan dan 114 derajat 51 menit 20 detik timur.

Bacaan Lainnya

Yudo menambahkan, KRI Nanggala ini ditemukan dalam kondisi terbelah menjadi tiga bagian. Yang mana ada bagian yang terlepas dari badan utama kapal, ada juga bagian belakang kapal tak berbadan tekan, selanjutnya kemudi horizontal dan vertikal. 

Pada konferensi pers tersebut, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dengan berat hati mengatakan bahwa 53 awak kapal KRI Nanggala 402 dipastikan gugur. Hal ini diketahui dari hasil citra bawah air secara visual dengan menggunakan kamera. Dari bukti otentik itulah, bisa dinyatakan bahwa 53 personel onboard KRI Nanggala 402 telah gugur.

Yudo juga menambahkan bahwa upaya untuk mengevakuasi badan kapal masih akan terus berlanjut. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Internasional Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO), terkait dengan tindakan evaluasi kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali.

Berita ini meninggalkan kabar duka yang mendalam bagi masyarakat Indonesia, apalagi bagi keluarga korban yang ditinggalkan. Dengan kedalaman tersebut, mustahil bagi seorang manusia untuk bisa bertahan hidup, sebab tekanan pada kedalaman 838 meter di bawah permukaan laut sangat tinggi. 

Namun, dari sini masyarakat akhirnya mendapatkan jawaban setelah 5 hari kapal ini dinyatakan hilang kontak. Ucapan duka dan bela sungkawa tak henti-hentinya disampaikan masyarakat melalui akun media sosial mereka. Bahkan, beberapa sosok ternama di Indonesia, seperti halnya Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto.

Bahkan Presiden RI, Bapak Joko Widodo juga menyampaikan pernyataan resminya terkait KRI Nanggala 402 pada akun instagram resmi miliknya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar