Bantuan Segera Didatangkan Untuk Warga Terdampak Gempa Bumi Malang

  • Whatsapp
Bantuan Segera Didatangkan Untuk Warga Terdampak Gempa Bumi Malang
Bantuan Segera Didatangkan Untuk Warga Terdampak Gempa Bumi Malang

Gempa telah melanda wilayah Malang Jawa Timur. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo  6,7. Jangkauannya pun tidak main-main, karena hampir seluruh pulau Jawa merasakannya. Bahkan gempa ini dikabarkan hingga terasa di wilayah Bali dan Sumbawa.

Hal ini disampaikan secara langsung oleh Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono. Bahwa gempa tersebut memang memiliki spektrum guncangan yang luas, sehingga mampu dirasakan hingga wilayah Banjarnegara dan Bali. 

Bacaan Lainnya

Gempa yang terjadi di wilayah Jawa Timur ini menimbulkan korban jiwa. Tercatat oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa terdapat delapan korban jiwa, tiga orang dikabarkan mengalami luka berat, serta 36 orang lainnya luka ringan. Delapan orang yang meninggal dunia tersebut masing-masing 5 orang berasal dari Kabupaten Lumajang, sedangkan 3 orang dari Kabupaten Malang.

Akibat hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) masing-masing daerah di wilayah Jawa Timur pun segera melakukan upaya penanganan mengenai korban terdampak bencana alam gempa bumi ini. beberapa bantuan logistik seperti beras, lauk pauk, makanan siap saji, makanan tambah gizi, mei instan, sembako, selimut, terpal, serta yang tidak boleh dilupakan ada masker dan handsanitizer.

Untuk mampu mengoperasikan dapur umum, maka BPBD setempat juga bekerjsa sama dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana) berusaha untuk mengoperasionalkan dapur umum untuk melayani korban para terdampak gempa bumi dalam hal konsumsi. 

Gempa ini bisa dirasakan secara luas sebab memiliki spektrum guncangan yang luas pula. Spektrum tersebut dipengaruhi oleh hiposenter gempa yang cukup dalam.

Dimana, titik gempa M 6,7 Malang itu berada pada kedalaman 25 km. Titik koordinat gempa tersebut terjadi pada 8,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur. Eisenter gempa berada di laut dengan jarak 90 km dari arah barat daya Kabupaten Malang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *