Darurat Covid, Ratusan Warga Negara India Masuk ke Indonesia

  • Whatsapp
Darurat Covid, Ratusan Warga Negara India Masuk ke Indonesia
Darurat Covid, Ratusan Warga Negara India Masuk ke Indonesia

Ditengah tsunami Covid yang melanda India selama dua bulan terakhir, ada beberapa warga India yang dinyatakan masuk ke Indonesia. Sekitar 132 WNA India itu datang ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Romi Yudianto.

Pernyataan tersebut didukung oleh Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Benget Saragih yang menyatakan bahwa warga negara India tersebut datang di Bandara Soetta. 

Di tengah kekhawatiran masyarakat sebab India sedang mengalami darurat virus Corona. Namun, 132 WNA itu sudah memiliki perizinan yang sesuai sehingga bisa masuk ke Indonesia.

Izin untuk bisa masuk di Indonesia sendiri dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas), atau Kepemilikan Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap). 

Warga negara India datang ke Indonesia disebabkan karena negara India sendiri sedang mengalami krisis yang cukup parah. Bahkan, di negara tersebut mutasi virus Covid-19 varian B. 1. 617 yang mana bermuatan mutasi ganda. 

Parahnya, dari ratusan WNA yang masuk di Indonesia tersebut, 12 diantaranya dinyatakan positif Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dimana pemerintah sudah melakukan whole genome sequencing untuk mengetahui varian virus Covid-19 dari para WNA tersebut. Namun memang hasilnya belum bisa diketahui karena belum keluar. 

Semua warga negara India yang datang ke Indonesia dipastikan belum berkeliaran kemana-mana. Sebab, mereka sudah dievakuasi dan menjalani isolasi di hotel.

Terkait hal ini, Pemerintah Indonesia melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) resmi menutup pintu masuk bagi setiap pelaku perjalanan yang dari India. Hal ini menyusul terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di negara tersebut. 

Pengaturan ini diberlakukan dengan cara setiap warga negara asing (WNA) yang pernah tinggal atau transit di India dalam kurun waktu 14 hari, tidak diizinkan masuk Indonesia. Kebijakan ini rencananya akan diberlakukan mulai 25 April 2021. Peraturan ini bersifat sementara dan akan terus dikaji ulang.

Peraturan tersebut tidak hanya mengikat WNA, namun WNI yang pernah tinggal maupun mengunjungi India dalam waktu 14 hari dan akan kembali ke Tanah Air, boleh masuk di Indonesia, namun dengan melalui protokol kesehatan yang ketat. Dimana WNI tersebut harus menjalani karantina selama 14 hari di hotel khusus, beda dari hotel karantina.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *