Es Puter Khas Solo, Jajanan Tradisional yang Bikin Kangen

Es Puter Khas Solo, Jajanan Tradisional yang Bikin Kangen

Setiap wilayah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing. Mulai dari tempat wisata, kuliner, kebudayaan, gaya hidup, dan masih banyak lagi. Semua mencerminkan daerah mereka masing-masing. Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke suatu daerah tapi tidak mencoba makanan atau minuman khas daerah tersebut.

Seperti halnya di Kota Solo, terdapat kuliner khas yang bisa memanjakan kamu saat berkunjung kesini. Kalau kamu bosan dengan kuliner berat, kali ini ada kuliner ringan yang sangat menyegarkan. Pasti bikin kamu ketagihan deh.

Kuliner ini sering disebut dengan es puter. Es puter ini cukup mudah untuk ditemukan di daerah Solo. Rasanya yang manis dan nikmat, membuat es ini menjadi incaran banyak orang. Es puter khas Solo ini dibuat dengan bahan alami. Santan kelapa, gula pasir, dan sedikit garam merupakan bahan utama dari kuliner ini.

Bahan lain yang biasanya digunakan yaitu tepung kanji, air, susu kaleng, dan vanili. Biasanya es puter juga disajikan dengan campuran seperti buah nangka dan kelapa. Selain itu, bisa juga diberikan beberapa toping, seperti tape ketan, mutiara, dan potongan roti.

Kamu penasaran nggak sih, kenapa kuliner ini bisa dikasih nama es puter? Jadi karena cara pembuatannya memang diputer di dalam tabung begitu guys, hingga menghasilkan butiran-butiran es. Jadilah es puter. Santan kelapa dulunya dipilih untuk menggantikan bahan dasar susu karena harganya yang mahal. Jadi dengan begitu, orang-orang masih tetap bisa menikmati kuliner es dengan harga yang terjangkau.

Es puter ini biasanya disajikan dengan gelas kaca yang berbentuk lingkaran, sehingga bisa dinikmati saat itu juga ditempatnya. Selain disajikan dengan gelas, es puter ini juga bisa disajikan melalui cone berbentuk kerucut maupun diapit dengan menggunakan roti tawar.

Namun, jika kamu berkunjung ke Solo, rata-rata es puter disajikan dalam gelas kaca berbentuk lingkaran. Pedagang es puter sebagian besar menjajakan kuliner ini dengan menggunakan gerobak dorong. Pokoknya, pas kamu jajan kuliner ini, vibesnya kerasa balik ke zaman dulu lagi deh.

Penjual es puter dan gerobaknya.
(sumber: google travelingyuk.com)

Es puter ini biasanya dijual dari pagi hingga sore hari. Daerah di Solo yang biasanya banyak penjual es puter ini berada di sekitaran Pasar Triwindu. Lebih tepatnya di jalan Diponegoro, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Surakarta.

Rasa es yang manis sekaligus gurih menjadikannya kuliner yang patut untuk dicoba. Selain rasanya yang nikmat, es puter dipatok dengan harga yang murah meriah. Hanya dengan Rp 5.000,- saja, kamu bisa mendapatkan es puter yang lezat ini. 

Jadi bagaimana? Sudah bikin kamu ngiler belum? Kalau ke Solo, jangan lupa jalan-jalan keliling kota, sambil menikmati kuliner murah meriah, namun lezat ini. Dijamin, rasa dan kesegarannya nggak akan ngecewain kamu deh. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *