Fenomena Waterspout di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Tahun 2021 memang memberikan kejutan yang bertubi-tubi bagi Indonesia. diawali dengan kejadian jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dengan rute Jakarta-Pontianak, gempa bumi yang mengguncang Sulawesi Barat dan menyebabkan beberapa kerusakan serta korban jiwa, hingga penambahan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia.

Semua fenomena tersebut menjadi pembuka tahun yang cukup menyedihkan bagi Indonesia. Ada yang harus kehilangan tempat tinggal, saudara, teman, bahkan keluarga.

Ada kabar mengejutkan lain, yang datang dari Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pasalnya dalam sebuah wilayah, tepatnya di Waduk Gajah Mungkur terdapat sebuah fenomena alam angin puting beliung. Hal ini nampak mengejutkan warga, terlihat dari beberapa video yang dibagikan, warga tampak panik. Pusaran angin itu terjadi pada sekitar pukul 15.45 WIB.

Banyak warga yang merekam peristiwa ini, karena kerjadiannya berlangsung cukup lama dan pusaran angin yang dihasilkan juga cukup besar. Nelayan pun segera menyelamatkan diri dan bergegas menuju ke pinggir waduk.

Menurut laporan dari Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto mengatakan bahwa fenomena ini terjadi sekitar 10-15 menit, dengan arah pusaran dari tengah menuju ke barat. Untungnya, sebelum sampai ke permukiman warga, angin berbelok ke arah selatan. Setelah itu, warga pun lega karena kondisi setelahnya bisa berjalan dengan normal kembali.

Berdasarkan penjelasan dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Jawa Tengah, menyebutkan bahwa fenomena angin puting beliung besar tersebut dinamakan dengan waterspout. Waterspout merupakan angin puting beliung yang biasanya terjadi di atas lautan, atau dapat terjadi juga diatas waduk seperti yang terjadi pada Kabupaten Wonogiri. 

Waterspout sendiri semacam pusaran kuat yang bentuknya mirip corong air, biasanya muncul dari dasar awan bentuk kumulus atau cumulonimbus (cb) di atas perairan, bentuknya hampir seperti tornado kecil. Fenomena ini biasanya terjadi di atas perairan yang mengalami pemanasan kuat dan penguapan yang super tinggi.

Peristiwa ini hanya terjadi di wilayah seputar waduk dan tidak mencapai ke permukiman warga, sehingga tidak ada korban jiwa maupun kerugian materi. Banyak netizen yang mengirimkan video berisi bagaimana angin puting beliung tersebut melanda daerah waduk. 

Fenomena Waterspout di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Banyak pula dari mereka yang mendoakan agar para warga di Wonogiri tetap menjaga diri mereka masing-masing dari peristiwa ini. 

“Semoga keluarga di Wonogiri baik2 aja stay safe untuk semua wilayah di Indonesia” dari akun twitter @DendiRock

“Buat temen2 yang di wonogiri & punya keluarga disana, jgn panik kejadian tersebut merupakan waterspout yang kejadiannya biasanya terjadi pada daerah perairan saja, kejadian itu juga dikarenakan hujan dan angin kencang. Doakan agar kita dilindungi dari musibah” dari akun @diffabasri

Walaupun dihadapkan dengan fenomena yang bertubi-tubi. Semoga teman-teman semua tetap kuat dan saling menjaga untuk keselamatan bersama.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *