Kapal Selam TNI Angkatan Laut Hilang Kontak di Selat Bali

  • Whatsapp
Kapal Selam TNI Angkatan Laut Hilang Kontak di Selat Bali
Kapal Selam TNI Angkatan Laut Hilang Kontak di Selat Bali

Kabar mengejutkan datang dari TNI Angkatan Laut. Sebab, satu dari lima kapal selam yang digunakan untuk latihan dikabarkan hilang kontak. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Julius Widjojono yang menyebutkan bahwa kapal selam tersebut telah hilang kontak.

Ini merupakan pengalaman pertama kali kapal selam TNI AL bisa hilang. Julius menambahkan jika pencarian ini akan dilakukan di perairan Bali Utara dengan kedalaman sekitar 700 meter. 

Bacaan Lainnya

Kapal selam ini bernama KRI Nanggala 402. KRI Nanggala 402 hilang kontak ketika sedang dilakukan latihan penembakan senjata strategi di perairan selat Bali.

Kementerian Pertahanan sendiri memberikan pernyataan bahwa kapal selam ini meminta izin melaksanakan penembakan Torpedo SUT dan mulai menyelam pada pukul 03.00 WIB. Namun setelah menyelam sesuai dengan prosedur, kapal ini mulai hilang kontak.

Setelah dilakukan pengamatan melalui udara, yakni dari helikopter tepatnya pada pukul 07.00 WIB ditemukan tumpahan minyak yang berada di sekitar posisi awal dimana kapal menyelam.

KRI Nanggala 402 mengangkut 53 orang, dimana 49 merupakan anak buah kapal, satu komandan, serta tiga orang pakar persenjataan. Panglima TNI, Hadi Tjahjanto juga mengatakan bahwa kapal selam ini hilang di perairan sekitar 96 kilometer di lepas pantai Bali.

Kapal ini termasuk kapal selam dengan usia yang cukup tua, sebab kapal ini dibuat dari tahun 1977 dan mulai digunakan pada tahun 1981. Kapal selam ini dibuat di HD (Howaldswerke Deutsche Werft) Jerman dengan kecepatan jelajah 21,5 knot dan berkapasitas penumpang 34 orang. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *