Setelah 44 Tahun, TMII Akhirnya Diambil Alih Oleh Pemerintah

  • Whatsapp
Setelah 44 Tahun, TMII Akhirnya Diambil Alih Oleh Pemerintah
Setelah 44 Tahun, TMII Akhirnya Diambil Alih Oleh Pemerintah

Tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akhirnya resmi diambil alih oleh pemerintah setelah 44 tahun dikelola oleh yayasan milik keluarga Seoharto. Seperti yang diketahu, selama ini TMII dikelola oleh Yayasan Harapan Kita. Oleh karena itulah, untuk melakukan penataan aset milik negara, maka TMII resmi diambil alih oleh pemerintah.

Hal ini telah ditetapkan sendiri oleh Presiden Joko Widodo dengan melalui Peraturan Presiden No. 19/2021. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno mengumumkan secara resmi kabar tersebut dalam konferensi pers yang digelar secara virtual. 

Pratikno juga menambahkan, dengan beralihnya kepemilikian dari TMII, maka berhenti pula pengelolaan yang selama ini dilakukan oleh Yayasan Harapan Kita. Yayasan ini merupakan organisasi yang didirikan oleh istri mendiang presiden kedua Republik Indonesia, yakni Tien Soeharto. 

Baca Juga : Netizen Salut Dengan Permintaan Maaf Admin TVRI Terkait Kesalahan Penulisan Pada Judul Beritanya

Pengambil alihan TMII ini juga berdasarkan rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dasar hukum TMII ini juga mengacu pada Keppres Nomor 51 tahun 1977. Setelah taman ini dikelola oleh negara, maka pemanfaatan taman ini pun juga akan diberikan sepenuhnya kepada masyarakat Indonesia. Dengan begitu, TMII ini dapat berkontribusi penuh pada keuangan negara. 

Selain itu, rencananya TMII ini akan dijadikan sebagai kawasan pelestarian serta pengembangan budaya bangsa serta sarana edukasi yang mengenalkan Nusantara. TMII ini juga akan dijadikan sebagai pusat inovasi bagi generasi muda.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sendiri turut menanggapi perihal pengambil alihan taman ini. Melalui Plt Juru Bicara Pencegahan KPK, Ipi Maryati Kuding menyebutkan bahwa dari pihak KPK sendiri akan turut mendampingi Kemensetneg dalam pengambil alihan pengelolaan TMII ini dari Yayasan Harapan Kita. 

Baca Juga : Rollin dari Brave Girls Mampu Pecahkan Rekor Perfect All-Kills

Yayasan Harapan Kita sendiri telah mengelola Taman Mini Indonesia Indah semenjak tahun 1970-an. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 51 Tahun 1977.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *