Ternyata Kepingan‌ ‌CD‌ ‌Bekas‌ ‌Bisa‌ ‌Disulap‌ ‌Jadi‌ ‌Barang‌ ‌Bermanfaat, Simak Caranya!

  • Whatsapp
Ternyata Kepingan‌ ‌CD‌ ‌Bekas‌ ‌Bisa‌ ‌Disulap‌ ‌Jadi‌ ‌Barang‌ ‌Bermanfaat, Simak Caranya!
Ternyata Kepingan‌ ‌CD‌ ‌Bekas‌ ‌Bisa‌ ‌Disulap‌ ‌Jadi‌ ‌Barang‌ ‌Bermanfaat, Simak Caranya!

Barang-barang bekas yang masih tersimpan di rumah, nampaknya memang harus segera dibuang agar tidak memenuhi setiap sudut rumah kamu. Namun, untuk membuangnya, perlu kamu pilah dan pilih secara cermat. Siapa tahu, barang bekas tersebut malah bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, daripada ketika kamu langsung membuangnya. 

Seperti contohnya adalah kepingan CD (Compact Disc). Dulu, mungkin kamu seringkali mendengarkan lagu atau bahkan menonton film dari CD yang kemudian diputar melalui sebuah DVD. Namun, zaman sekarang sudah banyak alat-alat yang lebih canggih. Kamu bisa dengan mudah mendengarkan musik melalui beragam aplikasi seperti Spotify atau JOOX. Bahkan jangkauan musiknya terbilang sangat luas, lagu apa aja dan dari tahun berapa aja ada di aplikasi tersebut. Untuk menonton film sendiri, sekarang nggal perlu ribet. Dengan lewat HP aja, kamu bisa dengan bebas menonton film ataupun drama kesukaan. 

Oleh karena itulah, penggunaan dari CD sendiri sudah tidak banyak yang memanfaatkannya. Lantas, harus di bawa kemana CD yang masih terkumpul? Rasanya juga akan sangat sayang jika hanya terus disimpan di rumah tanpa digunakannya. 

Beberapa Cara Mengubah Kepingan CD Bekas Jadi Barang Bermanfaat

Jangan salah lho, kepingan CD yang sudah tidak digunakan itu bisa kamu ubah jadi karya kerajinan yang nggak cuma bermanfaat, namun juga bisa menambah keindahan tampilan di rumah kamu.  Masih bingung? beberapa cara dari KabarSoloRaya ini pasti membantu kamu :

1. Tempat Pensil

Buat kamu yang suka banget ngumpulin alat tulis. Atau tipikal orang yang rapi, dimana semua alat tulis haru berada di tempatnya dan nggak boleh berceceran, biasanya akan sangat membutuhkan tempat pensil. Cara pembuatan tempat pensil ini adalah dengan memadukannya bersama botol bekas.

  1. Pertama, botol bekas minuman harus dibersihkan terlebih dahulu
  2. Setelah itu potong menjadi setengah bagian. Yang akan digunakan adalah bagian bawah dari botol tersebut
  3. Rebus kepingan CD bekas. Tujuan perebusan ini adalah untuk mempermudah dalam memotong kepingan CD tersebut.
  4. Setelah direbus, diamkan dulu sampai CD tidak terlalu panas saat dipegang
  5. Setelah itu, potong CD menjadi bagian yang lebih kecil. Potong sesuai dengan keinginan kamu
  6. Tempelkan potongan CD pada bagian sisi bawah botol yang telah dipotong tadi dengan menggunakan lem tembak. Penuhi sisi botol dengan potongan-potongan CD tersebut sampai tidak ada lagi bagian botol yang terlihat
  7. Setelah itu, diamkan beberapa menit agar lem benar-benar kering dan potongan CD benar-benar menempel pada sisi botol
  8. Rapikan potongan-potongan CD pada botol dengan menggunakan gunting
  9. Selanjutnya, tempat pensil dari botol bekas dan kepingan CD bisa digunakan.

2. Pot Bunga

Kamu bisa mempercantik pot bunga kamu yang ada di rumah dengan kepingan CD bekas yang sudah tidak digunakan. Caranya gimana? Gampang banget. Kepingan CD yang ada tetap harus di rebus terlebih dahulu. Setelah itu, potong kecil-kecil sesuai dengan keinginan kamu. Potongan-potongan itu kemudian ditempelkan pada media pot yang telah kamu punya dengan menggunakan lem. 

3. Hiasan Dinding 

Buat kamu yang bosen dengan suasana dinding rumah yang terasa kosong dan terkesan ‘gitu-gitu saja’ bisa memanfaatkan kepingan CD bekas sebagai penghias dinding. Hal ini dengan memanfaatkan piring yang sudah tidak kamu gunakan. Sama dengan dua kerajinan sebelumnya, kepingan-kepingan CD ini harus kamu rebus terlebih dahulu, baru kemudian kamu potong sesuai dengan selera dan kebutuhan. Setelah itu, potongan-potongan CD tersebut kamu tempelkan pada piring bekas yang sudah tidak kamu gunakan. Lubangi bagian atas piring sebagai tempat pengait, untuk menggantungkan piring pada dinding. Setelah itu pasang pengait pada piring tersebut. Hiasan dinding dari piring dan kepingan CD bekas siap ditempel pada dinding.

Akhir Kata

Hal-hal yang kamu rasa sudah tidak ada gunanya, terkadang harus dibuka dan dilihat kembali. Gunanya adalah untuk melihat, sebenarnya barang tersebut benar-benar sudah tidak bermanfaat atau masih bisa digunakan. Kamu bisa bereksperimen dengan membuat karya kerajinan apa saja dari barang-barang bekas tersebut.

Siapa tahu, dari situ kamu mampu melihat peluang untuk membuka bisnis kerajinan tangan dari barang bekas. Selain mengurangi barang yang sudah tidak terpakai di rumah, hal ini juga mampu menambah penghasilan kamu. Selamat mencoba!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *